Pakan Kenari


makanan untuk burung kenari

Selama ini kita hanya mengenal makanan tambahan komersial untuk burung kenari dan finch, misalnya remah roti yang banyak dijual di pasaran. Atau kalau yang berkualitas prima dengan sejumlah tambahan asupan ATP, multivitamin lengkap yang berguna untuk burung kenari siap lomba ada BirdFood produk Om Kicau. Nah bagaimana dengan pakan kenari standar harian dan kita sendiri sebagai master chef atau kokinya? Mau mencoba?
Untuk membuat sendiri makanan bergizi bagi burung kenari/finch, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:
1. Dua butir telur
2. Minyak hati ikan kod (cod liver oil)
3. Minyak gandum (wheat germ oil)
4. Remah roti
Cara pembuatan:
Ambil dua butir telur, lalu masukan ke dalam panci yang berisi air mendidih.
Rebus telur selama 15 – 20 menit (kalau terlalu lama, kuning telurnya bisa berubah jadi agak kehitaman).
Setelah direbus, kupas cangkangnya, lalu pisahkan.
Cangkang telur jangan dibuah, tetapi bisa dikeringkan lagi hingga makin mengeras (boleh menggunakan oven / disangrai/ dijemur).
Telur yang sudah terpisah dari cangkangnya didinginkan selama 20-30 menit.Cara mendinginkan bisa diangin-anginkan, atau dimasukkan ke dalam rantang kosong, dan rantang direndam dalam baskom berisi air dingin.
Sambil menunggu telur dingin, ambillah cangkang telur yang sudah mengering, lalu ditumbuk hingga berbentuk butiran kecil (lihat gambar)
Telur yang sudah dingin dicampurkan ke wadah yg berisi tumbukan cangkang telur.Aduk hingga merata dengan menggunakan garpu, sambil digerus hingga menjadi bagian yang lembut.
Tambahkan 3/4 sendok teh minyak ikan kod ke dalam adonan telur.Campur dan aduk hingga benar-benar merata.
Tambahkan pula 3/4 sendok teh minyak gandum ke dalam adonan, lalu aduk hingga merata campuran.(minyak gandum berguna untuk mencegah campuran agar tidak cepat kering)
Setelah warnanya berubah dan olahan menjadi lengket, sekarang tambahkan 58 gr remah roti yang langsung diaduk rata sampai adonan benar-benar mengering.Kalau kurang kering bisa dicampurkan lagi remah rotinya sampai adonan benar benar kering.
Sampai di sini, adonan sudah bisa langsung diberikan kepada burung.Anda juga bisa mencampurnya lagi dengan bahan lain seperti biji-bijian. Aduk hingga merata.
Nah inilah hasilnya. Makanan tambahan bergizi tinggi untuk kenari / finch anda.
(silakan Chef Marinka dan Chef Juna untuk mencicipi, hi..hi..hi..)
Perlu diingat, makanan buatan ini hanya sebagai makanan tambahan saja ya, bukan sebagai makanan utama. Makanan olahan ini juga mampu memacu birahi kenari / finch, terutama saat proses penjodohan dan penangkaran. Juga sangat baik diberikan pada indukan yang sedang meloloh anaknya.
Oke sebelum saya tutup, ada baiknya Anda juga membuat sendiri pakan berkualitas untuk burung lain. Apapun pakan yang Anda buat, perhatikan komponen dan komposisinya. Untuk referensi lengkap silakan cek artikel di halamanPakan Burung.
Semoga bermanfaat.
Sumber gambar: javafinch.co.uk (omkicau.com) 

0 komentar:

Post a Comment